Pelestarian Lingkungan di Desa Oeltua sebagai Bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas San Pedro

Unisap Kupang – Sebanyak 15 Mahasiswa dan 9 Dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas San pedro Kupang mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Oeltua, Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang. Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk kepedulian perhatian Fakultas MIPA Universitas San Pedro kepada masyakarat. Kegiatan ini digelar selama satu hari pada Sabtu, 28 Juni 2020 Pukul 8.30 WITA sampai selesai dengan agenda menanam pohon. Pada pukul 8.00 WITA Peserta kegiatan yang terdiri dari 4 program studi di FMIPA yaitu Biologi, Fisika, Matematika, dan Statistika berkumpul di Balai Desa Oeltua untuk menyelenggarakan penanaman pohon. Penanaman pohon ini bertujuan untuk:
1) Mengurangi dampak pemanasan global;
2) mencegah banjir, kekeringan, dan tanah longsor serta;
3) Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menanam dan memelihara tanaman.

Penyerahan Anakan Pohon oleh Dekan FMIPA Sipora Petronela Telnoni, S.Pt, M.Si ( kanan ) dan diterima oleh kepala dusun 02 (tengah)
Anakan Angsana yang ditanam di Depan Rumah Warga Dusun 01 RT 09 Desa Oeltu

Pada Kesempatan itu Dekan FMIPA Universitas San Pedro Kupang, Sipora Petronela Telnoni, S.Pt, M.Si. mengatakan “ Penanaman pohon ini sangat penting agar menjaga alam kita, menanam pohon juga merupakan wujud dalam melestarikan Alam, serta Penghijauan Desa (Green Village)”. Kegiatan Pengabdian Masyarakat akan terus dilakukan di desa-desa lainnya sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan hidup “lanjut Dekan”. Kepala Dusun 02 Desa Oeltua yang saat itu menerima peserta PKM FMIPA mengatakan bahwa “Dalam visi dan misi desa untuk penghijauan desa itu sangat penting sehingga dengan adanya kegiatan ini sangat mendukung visi dan misi kami di Desa Oeltua.”

Dalam berlangsungnya PKM ini dibantu oleh aparat Desa, Kepala Dususn 02 dan Ketua-ketua RT dusun 01 dan dusun 02. PKM berlangsung sekitar 3 jam di lokasi dan setelah itu peserta PKM Kembali (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi kami whatsapp