Visi Program Studi Teknik Lingkungan

“Menjadi Program Studi yang unggul di NTT pada tahun 2025 dalam bidang pengelolaan dan rekayasa lingkungan”

Misi Program Studi Teknik Lingkungan

  1. Menyelenggarakan pendidikan kesarjanaan yang berorientasi pada keunggulan dan daya saing di bidang teknik lingkungan;
  2. Menyelenggarakan pendidikan di bidang pengelolaan dan rekayasa yang
    mampu bersaing dalam dunia usaha.
  3. Berperan aktif dalam menyelesaikan permasalahan lingkungan menuju pembangunan berwawasan lingkungan melalui hasil inovasi teknologi dan penelitian.
  4. Mengembangkan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam mendukung kebutuhan masyarakat dan Industri melalui penerapan ilmu pengetahuan di bidang Pengelolaan dan Rekayasa Lingkungan.

Tujuan Program Studi Teknik Lingkungan

  1. Meningkatkan kompetensi calon tenaga ahli dalam bidang teknik lingkungan yang memiliki keahlian dalam manajemen, pengelolaan dan teknologi rekayasa di bidang penyediaan air minum, sanitasi lingkungan, penanganan limbah cair, limbah padat, sumber daya air, pencemaran udara, dan analis dampak lingkungan.
  2. Menyediakan tenaga ahli di bidang teknik lingkungan yang mampu menemukan, mengembangkan, dan menyebarluaskan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pada bidangnya.
  3. Menjadikan Teknik Lingkungan sebagai institusi pusat pengembangan rekayasa ilmu dan teknologi lingkungan untuk skala lokal dan nasional.
  4. Membantu pemerintah NTT dalam hal mencari solusi dalam upaya pemecahan masalah lingkungan yang dihadapi masyarakat melalui pendekatan manajemen, pengelolaan dan teknologi.

Sasaran Mutu Program Studi Teknik Lingkungan

  1. Meningkatnya peran serta fakultas dalam memenuhi kebutuhan sumberdaya manusia yang berjiwa enterpreneur, serta kompetitif dalam bidang keteknikan dan teknologi.
  2. Meningkatnya kapasitas program studi dalam pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memecahkan permasalahan masyarakat.
  3. Meningkatkan peran unit pendukung dan tata kelola untuk mendukung pelaksanaan pengelolaan pendidikan tinggi yang terintegrasi.