SAMBUTAN REKTOR UNIVERSITAS SAN PEDRO

Tahun 2016 merupakan tahun paling bersejarah bagi Yayasan Servas Mario. Dalam catatan sejarahnya tertulis, Tahun 2016 merupakan tahun Yayasan Servas Mario menorehkan tinta emas di bumi Nusa Tenggara Timur atas perannya membangun manusia Nusa Tenggara Timur dengan mendirikan sebuah lembaga perguruan tinggi Universitas San Pedro.

Kehadiran Universitas San Pedro menjadi kebanggaan, bukan saja bagi Yayasan Servas Mario melainkan juga bagi dunia pendidikan tinggi di NTT. Kebanggaan ini disebabkan karena dengan kehadiran Universitas San Pedro, deretan lembaga pendidikan tinggi di NTT semakin bertambah, dengan demikian akan memberi kesempatan yang semakin luas kepada generasi muda NTT untuk meraih cita-cita mereka. 

Dalam kebanggaan itu disadari pula bahwa proses kelahiran universitas ini bukanlah sesuatu yang dijalankan dengan mudah, melainkan hasil dari suatu perjuangan panjang dan keras. Bapak Servas Mario Pati sebagai ketua dan pendiri Yayasan Servas Mario sekaligus pendiri Universitas San Pedro, telah mengorbankan banyak hal baik tenaga, pikiran, biaya, maupun integritas pribadi. Dari pengorbanan itulah Universitas San Pedro lahir di bumi NTT.

Melalui surat keputusan pemerintah yang diberikan kepada pihak yayasan, maka tidak diragukan lagi bahwa Universitas San Pedro menjadi salah satu universitas yang sah untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi. Surat keputusan ini memberi kepastian kepada masyarakat untuk tidak ragu menempuh pendidikan di Universitas San Pedro.Dengan surat keputusan tersebut pula semua lulusan dari universitas ini kelak memiliki pengakuan atas status dan hak yang sama dengan perguruan tinggi lain baik negeri maupun swata yang ada di Indonesia.

Kehadiran Universitas San Pedro memberi harapan baru kepada masyarakat khususnya generasi muda Nusa Tenggara Timur. Mereka dapat menentukan pilihan sesuai dengan bakat, kemampuan dan kemauan yang mereka miliki untuk melanjutkan cita-cita pendidikan. Selain itu dengan adanya tiga fakultas dan sepuluh program studi yang ada pada lembaga pendidikan Universitas San Pedro, ruang pilihan bagi generasi muda NTT untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi semakin terbuka luas.

Pihak rektorat dan yayasan tentu akan berusaha dengan sekuat tenaga agar kehadiran Universitas San Pedro menjadi penunjang dalam peningkatan mutu pendidikan di Nusa Tenggara Timur. Propinsi NTT yang mutu pendidikannya masih tergolong rendah di Indonesia,dapat menjadi sebuah pemicu bagi Universitas San Pedro dalam peningkatan mutu pendidikan yang diembannya.

Dalam pengelolaannya, semua yang terlibat di dalamnya ditanam dengan satu tekat yaitu membangun sebuah perguruan tinggi yang bermutu dengan menghasilkan sarjana yang mandiri, kreatif dan inovatif. Cita-cita ini sesuai dengan visi Universitas San Pedro yaitu menghasilkan sarjana yang  berkualitas dan mampu bersaing di tengan persaingan global.

Proses belajar mengajar dengan sistem bilingual dan multimedia yang diselenggarakan Universitas San Pedro merupakan salah satu sistem pendidikan yang secara pasti mendukung meningkatkan mutu pendidikan tinggi. Dengan kemampuan bahasa Inggris yang baik dan penguasaan multimedia, diharapkan semua sarjana yang dilahirkan Universitas San Pedro mampu bersaing pada lapangan kerja global.

Dalam memenuhi tridarma perguruan tinggi, Universitas San Pedro akan berusaha meningkatkan mutunya dengan mendorong para dosen untuk terlibat dalam penelitian dan menghasilan karya ilmiah yang berguna baik bagi pengembangan kualitas individu maupun untuk kecerdasan masyarakat. Selain itu dalam pendidikan dan pengajaran akan diarahkan pada suatu sistem pendidikan dan pengajaran berbasis penelitian.

Universitas San Pedro merupakan salah satu universitas swasta yang baru hadir di bumi NTT dan juga di Indonesia. Sebagai universitas baru tentu saja memiliki banyak keterbatasan dan kekurangan. Pihak yayasan dan rektorat akan berusaha sekuat tenaga untuk memenuhi kekurangan ini, sehingga dengan sarana dan fasilitas yang memadai proses belajar mengajar akan berjalan sebagaimana mestinya.

Kerjasama yang harmonis antara semua civitas akademika, serta antara yayasan dan pihak rektorat merupakan sebuah prinsip yang akan dipegang oleh Universitas San Pedro.  Untuk itu pihak rektorat dan yayasan akan membanguan suatu managemen perguruan tinggi yang terbuka, serta saling menopang. Baik pihak rektorat maupun yayasan akan menjalankan tugas dan wewenang masing-masing dalam semangat saling menguatkan agar dapat terbentuk suatu perguruan tinggi yang bermutu.

Sebagai universitas baru, Universitas San Pedro menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi lain sebagai mitra belajar. Dengan pembelajaran itu Universitas San Pedro diyakini akan berkembang semakin lebih baik dan dipercayai masyarakat. Dalam kerja sama itu Universitas San Pedro tetap menunjukan kekhasannya sebagai daya tarik bagi masyarakat, sekaligus daya jual bagi semua alumni dalam pasar tenaga kerja global. Dengan menunjukan kekhasannya Universitas San Pedro tidak tenggelam dalam percaturan perguruan tinggi baik swasta maupun negeri di Propinsi Nusa Tenggara Timur maupun di Indonesia.

 Kupang,Maret 2016

Chancellor

 

Pater. Dr. Bertolomeus Bolong OCD, M.Si