SEJARAH UNIVERSITAS SAN PEDRO

Universitas San Pedro atau UNISAP merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Timur. UNISAP berdiri pada tanggal 10 Maret 2016, dengan lokasi kampus di Jl. Veteran II depan Lippo Plaza - Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur. Izin UNISAP melalui  Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 115/KPT/I/2016 yang diselenggarakan oleh Yayasan Servas Mario di Kota Kupang. Berdasarkan surat keputusan Menristekdikti tersebut, Universitas San Pedro menyelenggarakan 10 program studi yang tersebar dalam 3 Fakultas, antara lain:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan memiliki 4 Program Studi yakni Program Studi Pendidikan Luar Biasa (PLB), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PJKR), dan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI).

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) memiliki 4 Program Studi yakni Program Studi Matematika, Statistika, Fisika, dan Biologi.

Fakultas Teknik dan Perencanaan (FTP) memiliki 2 Program Studi yakni Program Studi Teknik Informatika, dan Teknik Lingkungan. 

Untuk mencapai Misi pertama Universitas yakni menghasilkan lulusan yang berstandar Internasional, Universitas San Pedro Kupang komit menjalankan Progam Bilingual dalam setiap proses perkuliahan maupun di lingkungan kampus. Selain itu, Universitas San Pedro Kupang juga aktif menjalankan program English Training bagi seluruh mahasiswa pada setiap hari sabtu. Selain itu, mata kuliah Bahasa Inggris menjadi mata kuliah wajib yang diberikan kepada setiap mahasiswa pada semua program studi hingga 6 semester. Diharapkan dengan program bilingual ini, lulusan Universitas San Pedro nantinya dapat memiliki kompetensi yang lebih dan unggul dalam penguasaan bahasa Inggris agar dapat berkompetisi dalam persaingan dunia kerja. 

Selain itu, sebagai bagian dari tanggung jawab Sosial, dalam memajukan pendidikan dan guna mencerdaskan generasi muda Nusa Tenggara Timur, Universitas San Pedro juga turut aktif dalam memberikan Beasiswa Yayasan Servas Mario. Yayasan Servas Mario menyadari masih banyak generasi muda NTT yang berprestasi, namun tidak mendapatkan kesempatan untuk menempuh pendidikan pada perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Untuk itu, pada tahun perdana akademik Universitas San Pedro, melalui Yayasan Servas Mario memberikan Beasiswa kepada 34% dari total mahasiswa angkatan perdana LK 80  orang. Untuk tahun akademik 2017 / 2018. Universitas San Pedro Kupang melalui Surat Keputusan Ketua Yayasan Servas Mario no. 25/SMF/B.SMF/IV/2017 akan memberikan beasiswa penuh selama 8 semester kepada 300 mahasiswa berprestasi tanpa memandang latar belakang agama, suku, maupun ras. 

Universitas San Pedro akan terus berjuang sebagai Universitas baru dalam memberikan layanan maksimal kepada seluruh civitas akademika demi terwujudnya lingkungan kampus yang nyaman bagi semua golongan agar terciptanya toleransi dan saling menghargai antar sesama di tengah tantangan bangsa yang kian meninggalkan budaya toleransi.