Program Studi Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Rohani

Pimpinan

Ketua Program Studi : Alimudin S.Pd, M.Pd

Visi :

Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) menjadi pusat pembelajaran, penelitian, pelatihan, pendidikan dan pengembangan pendidikan jasmani, serta menghasilkan guru pendidikan jasmani yang profesional dalam menghadapi perkembangan IPTEK dan mampu bersaing dalam era globalisasi pada tahun 2025.

Misi :

  1. Menyelenggaraksn dan mengembangkan pendidikan dalam program kependidikan dan non kependidikan di bidang keolahragaan dan kesehatan masyarakat yang unggul, berwawasan konservasi dan bereputasi nasional dan internasional.
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang keolahragaan dan kesehatan masyarakat melalui kegiatan penelitian yang berwawasan konservasi dan bereputasi nasional dan internasional.
  3. Menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi serta menjadi lembaga rujukan di bidang keolahragaan dan kesehatan masyarakat yang berwawasan nasional dan internasional.
  4. Membangun dan mengembangkan kerjasama yang saling menguntungkan dengan pihak lain di tingkat nasional, regional, dan internasional untuk mewujudkan lembaga yang bereputasi nasional dan internasional.
  5. Mengembangkan tugas dan fungsi melaksanakan kegiatan pendidikan, penelitian, pelatihan, pengabdian kepada masyarakat dalam rangka menghasilkan tenaga guru pendidikan jasmani yang profesional pada jenjang Pendidikan Dasar, Menengah, Tinggi dan Adaptif.

Motto :

“Di Atas Batu Karang Kubangun Program Studi PJKR Yang Baik dan Bermutu.”

Profil Lulusan Guru Pendidikan Jasmani 

Kualifikasi Lulusan (Jenjang Kualifikasi 6 KKNI) :

  1. Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.(Knowledge-Skills) – Kemampuan bidang kerja.
  2. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. (Knowledge-Skills) – Pengetahuan yang dikuasai.
  3. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok. (Knowledge, Skills, Attitude)–Kemampuan manajerial. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. (Attitude) – Kemampuan manajerial.
  4. Guru pendidikan jasmani bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berpikir kritis, kreatif, dan terampil dengan perspektif global tentang pendidikan jasmani sehingga dapat melayani kebutuhan masyarakat sebagai warga negara yang pancasilais, nasionalis, dan bertanggung jawab.

Gelar Lulusan :

Gelar lulusan program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi : S.Pd (Sarjana Pendidikan).

Tujuan Pendidikan

Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi memiliki tujuan untuk :

  1. Menghasilkan guru pendidikan jasmani dengan jenjang S1 yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berkompeten di bidang pendidikan jasmani sekolah dasar, menengah dan pendidikan jasmani adaptif.
  2. Menghasilkan tenaga peneliti dan pengelola Pendidikan Jasmani, serta mampu memberikan layanan kepada masyarakat tentang Pendidikan Jasmani.

Kurikulum

Dasar penyusunan kurikulum menggunakan acuan berdasarkan Perpres No.8 Tahun 2012 dan UUPT No.12 Tahun Keppmen nomor 232/U/2000 tentang penyusunan kurikulum Pendidikan Tinggi dan penilaian hasil belajar mahasiswa serta Keppmen nomor 045/U/2002 tentang kurikulum inti Pendidikan Tinggi. Selain itu penyusunan kurikulum juga didasarkan pada perkembangan ilmu keolahragaan dan Stakeholders. Sebaran kurikulum disusun berdasarkan tingkat kompleksitas keilmuan dan tingkat keterampilan, oleh karena itu strategi implementasi kurikulum menggunakan konsep-konsep kependidikan untuk mencapai kompetensi yang harus dikuasai oleh lulusan.