PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Pimpinan

Ketua Program Studi : Yohana Maria Gelu Koban, S.Pd, M.Pd

Visi

Pada tahun 2025 menjadi program pendidikan profesi guru SD dalam penyiapan calon guru sekolah dasar yang unggul dalam membawa pembaharuan pembelajaran dan profesional sesuai dengan standar nasional pendidikan.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan calon guru sekolah dasar yang memiliki kompetensi untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang inovatif sesuai dengan perkembangan inovasi pembelajaran dan kebutuhan lapangan.
  2. Menyelenggarakan pendidikan calon guru sekolah dasar yang menguasai substansi materi pembelajaran di sekolah dasar dan mampu melakukan evaluasi terhadap pembelajaran serta tindak lanjutnya.
  3. Melatih keterampilan calon guru sekolah dasar untuk melaksanakan pembelajaran inovatif yang sesuai dengan perkembangan dan kondisi peserta didik.
  4. Melatih calon guru sekolah dasar yang mampu mengembangkan media pembelajaran inovatif sesuai dengan konsep yang diajarkan dan kondisi kognitif peserta didik.
  5. Mengembangkan kemampuan calon guru sekolah dasar untuk melakukan penelitian tindakan kelas sebagai tindak lanjut dari refleksi terhadap pembelajaran untuk perbaikan kualitas pembelajaran.
  6. Menyebarluaskan pembaharuan pembelajaran yang diperoleh melalui calon guru sekolah dasar kepada stakeholder dan masyarakat luas.
  7. Mengembangkan kemampuan calon guru sekolah dasar dalam berkomunikasi dan berinteraksi secara santun dengan teman sejawat, siswa dan masyarakat.

Motto

Diatas Batu Karang Kubangun Program Studi PGSD Yang Baik Dan Bermutu

Tujuan :

  1. Menghasilkan guru profesional yang memiliki kompetensi dalam mengembangkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan berbagai model dan pendekatan pembelajaran inovatif.
  2. Menghasilkan guru profesional yang menguasai substansi materi pembelajaran di sekolah dasar dan mampu melakukan evaluasi pembelajaran serta melakukan tindak lanjut terhadap hasil evaluasi tersebut.
  3. Menghasilkan guru profesional yang terampil berinovasi dalam pelaksanaan pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan peserta didik selama pembelajaran.
  4. Menghasilkan guru profesional yang mampu mengembangkan media pembelajaran inovatif sesuai dengan konsep yang diajarkan dan kondisi kognitif peserta didik.
  5. Menghasilkan guru profesional yang mampu melakukan penelitian tindakan kelas berdasar refleksi terhadap permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas.
  6. Menghasilkan guru profesional yang memiliki daya guna di masyarakat untuk melakukan pengabdian dan pengembangan diri secara berkelanjutan.
  7. Menghasilkan guru profesional yang mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan teman sejawat, siswa dan masyarakat.