FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Pimpinan

Dekan : Yohanes Sebastianus, B.HM, M.ED

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) merupakan salah satu Fakultas di Universitas San Pedro yang memiliki Visi, Misi, Fungsi dan Tujuan menghasilkan tenaga kependidikan.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas San Pedro berdiri pada tanggal 10 Maret 2016, melalui Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 115/KPT/I/2016 bersamaan dengan ijin pendirian Universitas San Pedro.     

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas San Pedro memiliki 4 (empat) Program Studi jenjang S1;

  1. Program Studi PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar).
  2. Program Studi PLB (Pendidikan Luar Biasa)
  3. Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PJKR),
  4. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI)

 

Visi

Unggul dalam bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Unggul dalam program dua bahasa,  Kreatif, Inovatif, dan berdaya saing Tinggi pada tahun 2025.

Misi

  1. Menyelenggarakan proses perkuliahan dalam program “dua bahasa” atau “bilingual program”, bermutu dan berkarakter berlandaskan nilai-nilai luhur budaya daerah dan nasional dalam rangka menghasilkan lulusan yang kompetitif.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berkualitas di bidang Keguruan dan Ilmu P
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat di bidang Keguruan dan Ilmu P
  4. Membangun kerja sama dengan lembaga lain, baik di dalam maupun luar negeri dalam rangka pengembangan bidang Keguruan dan Ilmu P
  5. Menyelenggarakan pengelolaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan berdasarkan paradigma baru dari Manajemen Pendidikan Tinggi dengan menerapkan manajemen mutu terpadu.
  6. Mewujudkan berdirinya Program Pascasarjana di setiap program studi, sesuai dengan Permenristek Dikti Nomor 47 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata kerja Universitas San Pedro.

 

Motto

 “Di Atas Batu Karang Kubangun FKIP Yang Baik ddan Bermutu”

Tujuan:

Tujuan FKIP Universitas San Pedro adalah:

  1. Meningkatkan pengalaman belajar mahasiswa menuju suatu keahlian akademik dan profesional dalam bidang ilmu pendidikan guru sekolah dasar, Pendidikan luar biasa, Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi (PJKR), dan pendidikan bahasa
  2. Meningkatkan pengalaman belajar mahasiswa untuk mencapai profil kemampuan dasar guru dan tenaga kependidikan lainnya, dan meningkatkan pengalaman khusus mahasiswa pada penguasaan pengetahuan, kecakapan dan keterampilan maupun kepribadian.
    .
  3. Meningkatkan pencapaian visi, misi, dan tujuan didasarkan pada prinsip partisipatif, akuntabilitas, transparansi, pemanfaatan teknologi yang sesuai, orientasi pada realitas kebutuhan dan dunia kerja, integral/keterpaduan, dan keseimbangan antara program kependidikan dan non-kependidikan.

 

Fungsi dan Kompetensi Lulusan

Fungsi :

FKIP Universitas San Pedro mengemban fungsi untuk mengembangkan potensi Sumber Daya Manusia di bidang kependidikan dan non kependidikan yang mandiri dan memiliki integritas sesuai dengan tuntutan pembangunan yang berkesinambungan dengan prinsip non-diskriminatif.

Kompetensi Lulusan :

Kompetensi lulusan FKIP Universitas San Pedro  dalam bidang akademik dan profesional meliputi:

  • Bermoral Pancasila, memiliki karakter, kecerdasan, kapabilitas dalam penguasaan dan penerapan IPTEK maupun seni untuk mencapai keunggulan bersinergis dan berdaya saing.
  • Memiliki kompetensi padegogik, kepribadian, dan sosial, serta penguasaan ilmu untuk menunjang profesionalisme guru.
  • Memiliki kemampuan untuk mandiri dan memiliki budaya kewirausahaan, memiliki kemampuan profesional dan integritas yang tinggi, yang memungkinkan mahasiswa mampu bersinergi dan berkompetisi secara sehat dalam era informasi dan pasar bebas pada tingkat nasional, regional, maupun internasional.
  • Memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas diri, wawasan dan sikap dalam upaya proses internalisasi nilai/kaidah ilmiah dalam menunaikan tugas-tugas keprofesionalannya.
  • Memiliki kemampuan berkreasi, mencipta, menemukan, dan mengembangkan berbagai ilmu dan teknologi baik di bidang kependidikan maupun non kependidikan yang sesuai dengan kompetensi profesionalnya.