Kuliah di Unisap

Unisap merupakan universitas termurah di NTT. Satu semester Rp 1.200.000, tanpa uang pembangunan dan SKS, atau satu bulan Rp 200.000. Tanpa ada biaya apapun, namun mahasiswa mendapat kuliah pada Bilingual Medium Of Instruction dan digital campus.

"Keluarga paling miskin pun dapat kuliahkan anaknya di Unisap," ujar Pater. Dr. Bertolomeus Bolong, OCD, M.Si, Rektor Unisap Kupang, melalui pesan WhatsApp pekan lalu. Tak hanya biaya kuliah murah, Pater Berto mengakui Unisap juga menyediakan beasiswa untuk mahasiswa sampai meraih sarjana.

"Para calon mahasiswa dari SMA (IPA) dan pernah masuk 10 besar rangking di sekolahnya supaya meminta rekomendasi dari kepala sekolah agar dapat beasiswa sampai sarjana jika kuliah di Unisap," Pater Berto menegaskan. Program perkuliahan di Unisap, diakui Pater Berto, dilaksanakan mulai hari Senin hingga Jumat, sementara pada hari Sabtu dilanjutkan dengan training Bahasa Inggris. "Kuliahnya full. Lembaga terakreditasi C dan kita sekarang sedang dalam persiapan menuju akreditasi A atau B," terang Pater Berto.

Pater Berto mengakui saat ini Unisap sudah menerima pendaftaran bagi mahasiswa baru tahun kuliah 2018/2019. Unisap memiliki tiga fakultas dengan 10 program studi (prodi).

Fakultas Keguruan dan lmu Pendidikan/FKP
1. Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
2. Prodi Pendidikan Luar Biasa
3. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
4. Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi

Fakultas Matematika & lmu Pengetahuan Alam/FMPA
1. Prodi Biologi
2. Prodi Matematika
3. Prodi Fisika
4. Prodi Statistika


Fakultas Teknik dan Perwncanaan/FTP
1. Prodi Teknik Informatika
2. Prodi Teknik Lingkungan

Pater Berto menyebut keunggulan Unisap, yakni lokasi kampus sangat strategis, berada di pusat kota dengan kemudahan transportasi; dosen-dosen berkualitas, tamat dalam dan luar negeri; English Grammer dan Conversation untuk semua prodi mulai dari semester 1-6 dan lulusan dijamin bisa Berbahasa Inggris dengan baik; ruang kulliah di lengkapi  LCD projector dan AC; akses free Wi-fi 24 jam; pemberian sertifikat Bahasa Inggris setiap tahun untuk semua mahasiswa.

Kehadiran Unisap, diakui Pater Berto, dan Ketua Yayasan Servas Mario Foundation, Servas Mario Patty, bukan sebagai pesaing atau head to head dengan universitas lainnya tetapi saling melengkapi untuk mendidik generasi NTT yang bermutu dengan mengedepankan konsep murah biaya dan menghasilkan lulusan berkualitas.